Search

Motor Bekas Bisa Dikredit, Begini Skemanya - Dream

8 Perawatan Sistem Rem Motor yang Wajib Diperhatikan

Dream – Selain mesin, komponen kendaraan yang tak boleh luput dari perhatian adalah sistem pengereman. Dengan kondisi rem yang berfungsi optimal, keselamatan pengendara kendaraan bermotor akan terjamin.

Banyak kasus kecelakaan fatal terjadi karena rem yang tak berfungsi dengan baik.

Untuk sepeda motor, sistem rem umumnya dibagi menjadi dua jenis yaitu rem dengan sistem mekanis dan rem dengan sistem hidrolik. Diantara kedua jenis rem tersebut yang perlu mendapatkan perhatian lebih adalah pada jenis rem hidrolik.

" Ada beberapa poin yang harus diperhatikan oleh pemilik sepeda motor agar kerja dari sistem rem hidrolik ini bekerja dengan baik," kata Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Motora (ADM), Ade Rohman, dikutip dari Otosia, Kamis 11 April 2019.

 © Dream

Ade menjelaskan ada delapan hal yang harus diperhatikan pemilik sepeda motor dengan sistem pengereman hodrolik. Pertama, mengganti minyak rem setiap dua tahun sekali atau setiap jarak 24 ribu kilometer.

Kedua, memeriksa secara visual minyak rem di tangki master rem, baik secara kualitas maupun kuantitas.

Ketiga, memeriksa apakah minyak rem sudah menyentuh tanda “ lower” alias level paling bawah. Kalau sudah menyentuh, perlu diperiksa apakah kuantitas minyak rem berkurang atau kampasnya sudah mulai aus.

“ Semakin aus pad set atau kampas rem akan menurunkan level permukaan minyak rem di tank master rem,” kata dia.

Keempat, mengisi tangki master rem dengan minyak rem sampai menyentuh level upper. Ini dilakukan apabila minyak rem masih kurang setelah mengganti kampas rem.

Let's block ads! (Why?)



"motor" - Google Berita
February 21, 2020 at 06:24AM
https://ift.tt/2T5shqz

Motor Bekas Bisa Dikredit, Begini Skemanya - Dream
"motor" - Google Berita
https://ift.tt/30gj2Fi

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Motor Bekas Bisa Dikredit, Begini Skemanya - Dream"

Post a Comment

Powered by Blogger.