Laporan Wartawan TribunJatim.com, Aminatus Sofya
TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Kota Malang terpilih menjadi role model Kota Kreatif Indonesia setelah meraih nilai terbaik kedua dalam program Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I) yang diselenggarakan oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).
Wali Kota Malang, Sutiaji dalam testimoninya menyampaikan pretasi ini merupakan kolaborasi pentahelix yang melibatkan komunitas/masyarakat, pemerintah, akademisi, pengusaha dan media.
"Bersama stakeholder tersebut kami berupaya mewujudkan Kota Malang menjadi kota kreatif berbasis aplikasi dan pengembangan game," kata Sutiaji di Jakarta, Senin (24/6/2019).
Ia menambahkan subsektor bidang game dan aplikasi di Kota Malang banyak melahirkan produk game seperti start up panic, paw paw, kimo run dan galactic rush. Adapula edupongo, kebromo.com, nusantaragps.com, indiekraft.com, travelingyuk.com, dataproyek.id, inon.com, myerpplus.com dan diprediksi masih terus bertambah.
"Saya sampaikan, ada salah satu perusahaan produk dari game yang sudah dibeli oleh pengusaha di Amerika yang lakunya cukup lumayan, tahap pertama sudah sudah dibandrol dengan harga 100.000 US dollar atau hampir 1, 4 Miliar, tapi itu tidak dijual saja, royaltinya tetep dapat, ini Alhamdulillah," imbuhnya.
• Pencuri Kayu di Blitar ini Terjun ke Sungai Hindari Sergapan Petugas, Satu Pencuri Tertangkap
• Jelang Laga Lawan PS Tira Persikabo Seluruh Pemain Arema FC Dipastikan Bebas dari Cedera
• Pasutri Asal Lamongan ini Tawarkan Jasa Seks Menyimpang, Tarifnya Rp 3 Juta Sekali Kencan
Sutiaji menyebut dalam data yang kumpulkan Pemkot Malang menunjukkan subsektor game dan aplikasi mampu menyerap lebih dari 2.200 tenaga kerja, 624 personal linear dan aktif dalam bidang tersebut.
Ke depan kata dia, strategic planning dan road map Malang Kota Kreatif adalah mengelaborasi Malang Heritage dan Rumah Kreatif. Salah satu yang kini getol ditangani adalah kawasan wisata Kayutangan.
"Pemikiran, kontemplasi dan semuanya ada di rumah kreatif. Sehingga para pelaku usaha bisa bertransaksi langsung dengan komunitas, insyaAllah demikian. Dari Malang untuk Indonesia," ucapnya.
Untuk diketahui, sejak tahun 2016, Bekraf telah melaksanakan program Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I). Program ini bertujuan untuk memberikan tools untuk memetakan ekosistem, potensi, best practice dan permasalahan pengembangan sistem ekonomi kreatif. Setelah melalui proses yg panjang, mengkerucut menjadi 4 kota/kabupaten kreatif, yakni Kota Malang, Kota Palembang, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kutai Kertanegara.
Laporan Wartawan TribunJatim.com, Aminatus Sofya
TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Kota Malang terpilih menjadi role model Kota Kreatif Indonesia setelah meraih nilai terbaik kedua dalam program Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I) yang diselenggarakan oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).
Wali Kota Malang, Sutiaji dalam testimoninya menyampaikan pretasi ini merupakan kolaborasi pentahelix yang melibatkan komunitas/masyarakat, pemerintah, akademisi, pengusaha dan media.
"Bersama stakeholder tersebut kami berupaya mewujudkan Kota Malang menjadi kota kreatif berbasis aplikasi dan pengembangan game," kata Sutiaji di Jakarta, Senin (24/6/2019).
Ia menambahkan subsektor bidang game dan aplikasi di Kota Malang banyak melahirkan produk game seperti start up panic, paw paw, kimo run dan galactic rush. Adapula edupongo, kebromo.com, nusantaragps.com, indiekraft.com, travelingyuk.com, dataproyek.id, inon.com, myerpplus.com dan diprediksi masih terus bertambah.
"Saya sampaikan, ada salah satu perusahaan produk dari game yang sudah dibeli oleh pengusaha di Amerika yang lakunya cukup lumayan, tahap pertama sudah sudah dibandrol dengan harga 100.000 US dollar atau hampir 1, 4 Miliar, tapi itu tidak dijual saja, royaltinya tetep dapat, ini Alhamdulillah," imbuhnya.
• Pencuri Kayu di Blitar ini Terjun ke Sungai Hindari Sergapan Petugas, Satu Pencuri Tertangkap
• Jelang Laga Lawan PS Tira Persikabo Seluruh Pemain Arema FC Dipastikan Bebas dari Cedera
• Pasutri Asal Lamongan ini Tawarkan Jasa Seks Menyimpang, Tarifnya Rp 3 Juta Sekali Kencan
Sutiaji menyebut dalam data yang kumpulkan Pemkot Malang menunjukkan subsektor game dan aplikasi mampu menyerap lebih dari 2.200 tenaga kerja, 624 personal linear dan aktif dalam bidang tersebut.
Ke depan kata dia, strategic planning dan road map Malang Kota Kreatif adalah mengelaborasi Malang Heritage dan Rumah Kreatif. Salah satu yang kini getol ditangani adalah kawasan wisata Kayutangan.
"Pemikiran, kontemplasi dan semuanya ada di rumah kreatif. Sehingga para pelaku usaha bisa bertransaksi langsung dengan komunitas, insyaAllah demikian. Dari Malang untuk Indonesia," ucapnya.
Untuk diketahui, sejak tahun 2016, Bekraf telah melaksanakan program Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I). Program ini bertujuan untuk memberikan tools untuk memetakan ekosistem, potensi, best practice dan permasalahan pengembangan sistem ekonomi kreatif. Setelah melalui proses yg panjang, mengkerucut menjadi 4 kota/kabupaten kreatif, yakni Kota Malang, Kota Palembang, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kutai Kertanegara.
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Kota Malang Terpilih Jadi Role Model Kota Kreatif Indonesia, Penilainnya ini - Tribun Jatim"
Post a Comment